Senin, April 04, 2016

PENGENALAN KOMUNIKASI


 
1.      Asal Kata Komunikasi
kata komunikasi berasal dari kata latin cum yaitu kata depan yang berarti dengan, bersama dengan, dan unus yaitu kata bilangan yang berarti satu. Dari kedua kata tersebut terbentuk kata benda cummunio yang dalam bahasa Inggris menjadi communiondan berarti kebersamaan, persatuan, persekutuan, gabungan, pergaulan dan hubungan. Karena untuk ber-communio diperlukan usaha dan kerja, dari kata itu dibuat kata kerja communicare yang berarti membagi sesuatu dengan seseorang, memberikan sebagian kepada seseorang, tukar-menukar, membicarakan sesuatu dengan seseorang, memberitahukan sesuatu kepada seseorang, bercakap-cakap, bertukar pikiran, berhubungan, berteman. Kata kerja communicare itu pada akhirnya dijadikan kata kerja communicatio, atau bahasa Inggris Communication, dan dalam bahasa Indonesia diserap menjadi komunikasi.
Berdasarkan berbagai arti kata communicare yang menjadi asal kata komunikasi, maka secara harfiah komunikasi berarti pemberatahuan, pembicaraan, percakapan, pertukaran pikira atau hubungan.

2.      Definisi Komunikasi
Menurut Stanley J. Baran Komunikasi adalah transmisi pesan dari suatu sumber kepada penerima.
Menurut Aristoteles (dalam Ludwing Suparmo, 2011),  menyebutkan tiga komponen utama komunikasi yaitu komunikator , pesan dan penerima.

Model komunikasi SMCR menurut David K.Berlo
 
Ø  Source/ sender/ encoder
Individu atau organisai
Dapat dipengaruhi olehketrampilan berkomunikasi, tindakan yang diambil, luasnya pengetahuan, sistem sosial, dan kebudayaan lingkungan sekitar.
Ø  Message (Pesan)
bersifat menghibur, informatif, edukatif, persuasif  dan propaganda serta disampaikan melalui Verbal dan Nonverbal
Ø  Channel  (Media)
Lisan, tertulis dan elektronik         
Ø  Receiver/ Decoding
aspek yang mempengaruhi keterampilan dalam berkomunikasi, sikap, pengetahuan, sistem sosial dan kebudayaan.

Unsur – Unsur Komunikasi Menurut Onong Uchjana Effendy
Dari diagram diatas dapat diketahui bahwa unsur komunikasi akan saling berkaitan. Saat komunikator (sumber) memberikan pesan kepada komunikan melalui media atau saluran maka akan menimbulkan efek terhadap komunikan, kemudian komunikan akan memberikan umpan balik kepada komunikator.

3.      Fungsi Komunikasi menurut Onong Uchajana Effendy
1)      Mendidik (To educate )
Komunikasi juga berfungsi untuk mendidik dan mengedukasi sehingga terjadi penyaluran ilmu dari komunikan kepada komunikator. Contohnya pada saat kegiatan pembelajaran di kelas. Materi yang diberikan guru kepada muridnya merupakan wujud komunikasi untuk mendidik.
2)      Menginformasikan (To inform)
Komunikasi berfungsi menginformasi segala sesuatu yang belum diketahui komunikator. Contohnya pada saat seorang pembawa berita di Televisi menyampaikan berita teraktual kepada pemirsa di rumah.
3)      Mempengaruhi (To influence )
Komunikasi dapat memberikan fungsi mempengaruhi yakni merubah pemikiran komunikator agar terpengaruh oleh komunikan dan melakukan apa yang dikehendaki komunikan. Contohnya pada saat seorang berpidato untuk kampanye maka komunikan akan menyampaikan hal yang diharapkan dapat dilakukan oleh komunikator.
4)      Menghibur (To entertain )
Fungsi komunikasi untuk menghimbur ini merupakan upaya komunikan membuat komunikator bahagia dengan mengatakan sesuatu yang dapat membuat komunikator bahagia. Contohnya pada saat seseorang stand up comedy atau melawak. Maka komunikan akan menyampaikan hal-hal yang lucu yang mengundang gelak tawa.

Tujuan Komunkasi
1.      Menciptakan pemahaman bersama
2.      Supaya apa yang disampaikan dapat dimengerti oleh pihak lain
3.      Memahami orang lain supaya gagasan dapat diterima oleh orang lain
4.      Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan saran dan kritik anda